Menerbangkan Sendiri Pesawat Keliling Dunia


Ya! Menerbangkan sendiri pesawat keliling dunia dapat dilakukan oleh perorangan, bahkan baru-baru ini telah dilakukan oleh remaja usia 17 tahun Mack Rutherford yang memecahkan rekor sebagai "Pilot Termuda Menerbangkan Pesawat Solo Keliling Dunia", kakaknya Zara Rutherford 18th telah lebih dulu memecahkan rekor sebagai "Pilot Wanita Termuda Menerbangkan Pesawat Solo Keliling Dunia".

Pada tulisan ini akan dibahas lebih lanjut bagaimana kamu/saya juga bisa memecahkan rekor terbang keliling dunia walaupun bukan menjadi yang termuda, tapi bisa menjadi "Pilot dari Indonesia Pertama yang Menerbangkan Sendiri Pesawat Keliling Dunia". Mengenai rekor menjadi Pilot Termuda pun masih bisa dicapai jika kamu berusia lebih muda dari Mack.

Cakupan tulisan ini akan spesifik membahas cara menerbangkan pesawat keliling dunia dari Indonesia, tentunya segala jenis penerbangan yang dilakukan adalah tanggung jawab dari PIC (Pilot in Command). Penulisan artikel ini diperbarui bertahap hingga ada simulasi rute penerbangan dari Indonesia kembali ke Indonesia.

Earthrounders

Orang-orang yang telah menerbangkan sendiri pesawat keliling bumi disebut earthrounders. Pesawat yang dimaksud adalah jenis ringan/light aircraft, yaitu pesawat yang bobot take-offnya kurang dari 12,500lbs. Kenapa ini menjadi spesial? Karena pesawat tersebut tidak di desain untuk perjalanan jauh seperti menyeberangi samudera, pesawat perlu persiapan khusus untuk menyeberangi samudera, antar benua, terbang melewati gurun, pegunungan, perlunya mengurus berbagai ijin untuk terbang melalui batas wilayah suatu negara sebagai timbal balik dari semua usaha ini kamu akan mendapatkan pengalaman luar biasa yang hanya dimiliki oleh beberapa orang saja diantara 8 miliar penduduk bumi.
"Satu-satunya cara untuk menjadi earthrounder adalah dengan menerbangkan sendiri pesawat jenis ringan mengelilingi bumi."

Syarat menjadi Pilot

Tentunya untuk menerbangkan pesawat sendiri kamu perlu memiliki lisensi pilot terlebih dahulu. Lisensi yang diperlukan untuk menerbangkan pesawat keliling dunia cukup dengan Private Pilot License. Untuk mendapatkan lisensi ini di Indonesia, kamu harus mengikuti Private Pilot Course yang syarat untuk mengikutinya, sebagai berikut:

  1. Minimal usia 17 tahun.
  2. Dapat memahami, membaca dan menulis dalam bahasa inggris.
  3. Memiliki 2nd Class Medical Certificate sesuai aturan dari CASR part-67.
Dengan syarat tersebut, apabila kamu telah mengikuti seluruh kelas dan memiliki jam terbang minimal 35 jam sesuai aturan dari CASR part-141, lulus ujian tertulis, lulus ujian oral/interview dan lulus ujian terbang/checkride maka kamu berhak mendapatkan Private Pilot License.

Dengan syarat tersebut, tidak heran Mack dan Zara dapat menjadi pilot termuda menerbangkan pesawat sendiri keliling dunia cukup dengan Private Pilot License. Tentunya perlu persiapan matang dalam merencanakan penerbangan tersebut, siap terbang dalam berbagai iklim dan paling penting menguasai betul pesawat yang diterbangkan.

Memiliki IFR rating berpengaruh cukup besar dalam kelancaran penerbangan karena tidak semua rute dapat dilalui dalam cuaca yang ideal, perlu waktu yang tepat jika akan terus terbang hanya dalam kondisi cuaca ideal untuk penerbangan visual.

Perlu dipersiapkan juga jauh hari Visa jika diperlukan untuk memasuki negara-negara yang akan dikunjungi saat melakukan penerbangan ini.

Pesawat yang digunakan

Pesawat yang ideal digunakan untuk penerbangan keliling dunia minimal memiliki kecepatan 140 knots dan mampu mencapai jarak tempuh yang jauh. Salah satu cara untuk menambah jarak tempuh adalah dengan menggunakan extra ferry tank. Dengan adanya ferry tank, pesawat yang lebih lambat pun bisa terbang keliling dunia namun akan lebih sulit dan kurang nyaman.

Contoh pesawat yang cukup nyaman untuk penerbangan ini misalnya Cessna 206, Beechcraft Bonanza, Cirrus SR22 atau yang lebih nyaman lagi Diamond DA-50. Untuk penerbangan ini, pesawat minimal bisa terbang 1,000 NM atau jika ingin melewati rute Hawai ke Calofornia minimal pesawat harus mampu terbang 2,100 NM.

Pesawat harus dilengkapi dengan radio equipment tambahan seperti misalnya HF untuk komunikasi jarak jauh, apabila perlu dilengkapi telpon satelit. 

Pastikan engine dalam keadaan baik dan telah dilakukan maintenance berkala dengan waktu yang cukup untuk menjalani sebuah leg rute penerbangan, jangan lupa bawa beberapa spark plugs dan oil filter yang baru.

[new update 9/7/2023]

Persiapan terbang

Persiapan yang matang adalah kunci dari penerbangan keliling dunia, waktu yang dihabiskan untuk persiapan ini akan berbuah manis pada saat dilaksanakan.

Pertama kali perlu ditentukan apakah ingin terbang dari Barat ke Timur (Eastbound) atau dari Timur ke Barat (Westbound)? Karena rotasi bumi yang bergerak dari Barat ke Timur, dominasi angin akan bergerak ke Timur jadi secara natural kita dipaksa untuk terbang Eastbound namun 1 dari 3 penerbangan keliling dunia (earthrounding) ada yang terbang dari Timur ke Barat. Keuntungan terbang Westbound adalah matahari yang terlihat bergerak dari Timur ke Barat menjadikan waktu siang menjadi lebih lama karena kita terbang menjauhi matahari, sedangkan kalau terbang Eastbound maka kita akan bertemu dengan waktu malam lebih cepat.

Pergerakan angin menjadi faktor besar yang menyebabkan lebih banyak penerbangan keliling dunia dilakukan Eastbound.

Kedua, adalah memilih negara-negara yang akan dilalui. Sebab pergerakan angin yang berbeda antara Eastbound dan Westbound, negara-negara yang dilalui juga dapat berbeda karena kemampuan pesawat untuk mencapai destinasi akan berbeda antara mendapatkan bantuan dorongan angin dari belakang (tailwind) dengan melawan angin yang berada di depan (headwind). 

Pada penerbangan keliling dunia (earthround), negara-negara yang akan dilalui dikategorikan menjadi "mudah (easy)", "sulit (difficult)" dan ada yang "mustahil (impossible)". Contohnya terbang ke negara-negara Arab setelah mendarat di israel tidak diperbolehkan. Terbang di wilayah Rusia harus ditemani translator untuk komunikasi dengan ATC sehingga perlu dipersiapkan tempat duduk untuk translator. Beberapa negara bisa dikatakan mustahil untuk dilalui wilayah udaranya seperti melewati Cina dan Korea Utara.

Waktu istirahat sangat perlu dipertimbangkan, misalnya istirahat terbang per empat hari atau bahkan per dua hari terbang kecuali ingin memecahkan speed record, meski demikian seorang penerbang harus paham betul bahwa fatigue dapat menyebabkan insiden serius hingga kecelakaan.

To be continued.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Terbaru di Batam 2022 - Edutainment Digital Flight Adventure

Simulator apa yang digunakan pada kegiatan Digital Flight Adventure?